Motor Berasap: Penyebab dan Cara Mengatasi

motor berasap
Mengatasi Motor Berasap - Pernahkah melihat motor saat melintas mengeluarkan asap tebal dari knalpot ? ada yang berwarna hitam legam atau putih. Rata-rata motor dengan umur lima tahun keatas yang mengalami masalah seperti ini, tidak menutup kemungkinan motor baru dari pabrik juga mengalaminya karena ada kesalahan dalam perakitan. Untuk lebih jelasnya mari kita ulas.

Asap berwarna putih yang keluar dari knalpot motor itu adalah adanya olie yang ikut terbakar didalam silinder.Pada motor bermesin jenis 2 Tak, keluar asap berwarna putih adalah pertanda bagus, itu artinya olie samping sudah tercampur dengan bahan bakar dengan baik.

Lalu bagaimana jika yang keluar asap putih itu dari knalpot motor 4 tak?
Contoh motor dengan mesin 4tak adalah merk Honda dari sebagian besar type yang dijual di Indonesia.Contoh motor mesin 4tak lainnya adalah yamaha vega,jupiter,scorpio dll atau pada suzuki yaitu smash dan shogun.


Ini yang menjadi masalah. Pada motor 4 tak tidak menggunakan oli samping,jika keluar asap putih maka bisa dipastikan adanya olie yang merembet kedalam ruang bakar. Nah, olie yang merembet kedalam ruang bakar inilah yang terbakar sehingga keluar asap putih pada knalpot.

Jangan buru-buru bingung jika motor 4-tak kita berasap alias ngebul. Walaupun memang tetap saja ada ketidak beresan terjadi pada mesin motor. Lihat dulu warna asapnya. Kalau asap berwarna kehitaman atau abu-abu pekat, ini dapat dimungkinkan karena campuran bensin di karburator kebanyakan. Hal ini bukan berarti ada kerusakan, cukup atur setting karburatornya. Namun jangan dicuekin, bisa-bisa merembet. Paling cepat yang kita rasakan akibatnya adalah boros bensin atau busi cepat lemah.


Tapi bagaimana kalau ngebulnya putih kaya motor 2-tak?? yang di sebabkan adanya Oli merembet kedalam silinder mesin:

Penyebab Olie merembet kedalam silinder mesin:
1.Piston yang sudah oblak terhadap dinding silinder,hal ini disebabkan oleh silinder yang sudah aus.Akibatnya cengkeraman ring olie menjadi kurang,sehingga olie tidak bisa dibesut sampai bersih dari dinding silinder.Piston yang aus juga bisa mengakibatkan kebocoran olie.
Cara mengatasinya:Harus mengganti piston dengan ukuran (size) yang lebih besar.Dalam istilah perbengkelan hal ini dikenal dengan sebutan "Oversize".
Tanda tanda silinder harus oversize ditandai juga dengan semakin loyonya tenaga motor, selain keluar asap putih.

2.Ring olie yang aus juga menjadi penyebab utama motor mengeluarkan asap putih.Tugas ring Ring oli adalah memberikan pelumasan kepada dinding silinder.Salah satu Akibat dari ring olie yang aus adalah tidak mampu menahan olie agar tidak merembet kedalam ruang silinder.

3.Sil klep yang sudah mengeras,sobek juga bisa mengakibatkan olie bocor kedalam ruang bakar.Sil klep yang sudah mengeras akan menyebabkan batang klep menjadi longgar,sehingga menjadi jalan bagi olie untuk masuk kedalam ruang bakar.

4.Paking antara blok dan kop silinder yang tidak terpasang dengan baik juga bisa mengakibatkan olie bocor kedalam ruang bakar.Walaupun hal ini kecil kemungkinannya,namun bisa saja terjadi kepada mesin motor anda.

Akibat jika mesin sepeda motor 4tak berasap
Karena asap tersebut dari kebocoran olie,akibat yang sudah jelas adalah cepat habisnya olie mesin.Jika olie habis dan tidak ketahuan,akibatnya bisa sangat fatal terhadap mesin keseluruhan.
Jika diakibatkan oleh ausnya dinding silinder atau piston,sudah jelas motor akan kehilangan tenaga.
Ruang bakar akan cepat dipenuhi oleh kerak yang menebal,akibatnya ruang bakar menjadi sempit dan pembakaran menjadi tidak sempurna.Hal ini juga akan sangat berpengaruh terhadap performa mesin.

Cara mengatasi motor 4 tak mengeluarkan asap
Untuk memeriksa penyebab pastinya harus dengan jalan membongkar blok mesin.Kemudian memeriksa bagian komponen mana yang menjadi penyebab keluarnya asap putih.
Jika anda tidak mengerti mesin sebaiknya motor di bawa kebengkel,karena ini tergolong reparasi tingkat tinggi sehingga lebih rumit.Disini saya tidak memberikan tutorial cara membongkar,memeriksa dan mengganti sparepart yang diperlukan.

Tips: Jika anda memutuskan untuk membongkar mesin,ganti sekalian sil klep/katup,skir klep dan bersihkan ruang bakar.Ingat!!!,, jangan menggunakan onderdil KW,gunakan yang orisinil.
Karena ini tergolong operasi besar,jangan sampai belum berapa lama anda sudah harus membongkar silinder lagi.

Artikel Terkait Otomotif

 
Copyright © 2011 Cara Tips Atasi | By ada-blog.